Kamis, 27 Januari 2011

Menapak jejak di Kota ini

Wahh,, bener2 ga kerasa, tau2 kita udah nyampe di penghujung bulan Januari 2011..
Dan ga kerasa juga, udah 9 bulan aku di Kota ini, Kota Lahat.
Rasanya dalem ati aku masih sering bertanya-tanya, kenapa aku bisa ada di sini? Ngapain aku di sini? Untuk apa aku ada di sini??
Hmm,, jadi inget tanggal 11 November tahun lalu, tanggal dimana perjalanan baru ku ini dimulai..
Keinget juga gimana perasaan ku saat ngeliat namaku tertera di daftar nama2 yg lolos seleksi tes..
Semua terjadi dengan urutannya masing2.
Serentet kejadian yang kurasa amat sangat kebetulan saling mengait satu sama lain,,
Hingga mengantarkan aku ke sini, ke tempat ku berada sekarang.
Namun aku yakin, tak ada kebetulan.
Semua adalah jalan yang yang telah dituliskan oleh yang Maha Kuasa.
Tinggal kujalani saja,, dengan usaha dan doa.

jadi pengen cerita nihh. :)
Mau cerita tentang perjuanganku dulu aaahh,, :p


30 September 2009.
Aku mengakhiri masa kuliahku di Fakultas Ekonomi Unsri, jurusan Akuntansi. Maksudnya, pada hari itu aku diwisuda. Hehe. Resmi memegang ijazah di tangan. Sebelumnya, 20 Agustus 2009 aku sudah resmi menyandang gelar ,SE di belakang nama karena pada saat itu aku Yudisium. Tapi belum ngantongin ijazah. Cuma dapet ijazah sementara, alias surat keterangan telah melaksanakan Yudisium. Jadii,, selama waktu menunggu Wisuda, kita-kita nyobain daftar tes sana sini pake surat keterangan itu.
Ceritanyaaaaaa,, pertama kali ngelamar kerjaan itu ke BRI. Waktu itu ada lowongan utk posisi Account Officer. Whuaahh,, antusiaaassss.. buru2 daftar nih semuanya. Nyiapin berkas. Foto sluruh badan ala eksmud pake blazer lah,, (gaya, dong ah.. haha), n juga nyiapin mental baja.
Semua udah siap. Peralatan tempur yang berupa dokumen2 penting yang mendukung, seperti ijazah , dan juga sertifikat2 dari pelatihan, seminar2, serta kursus keterampilan komputer dan berbahasa. Trus, ada apa lagi yaaa,, oh iyaa, pastinya ada Surat Lamaran dan CV alias Daftar Riwayat Hidup dong. Nah, untuk nyiapin 2 dokumen penting ini pun ribetnya setengah idup. Hahaaa..
Secara masih fresh graduate, bener2 fresh from the Oven, jadi pengalaman ngelamar kerjaan kaya ini masih nol besaaaaaaar. Jadi kita-kita nyari contoh surat lamaran n daftar riwayat hidup itu dari internet tentunyaa,, sama si mbah. Mbah Google. Hehe.
Dari ribuan file-file di sono, mulai d filter mana yang bagus n menarik bahasanya, n juga sesuai dengan tujuan penggunaan.
Yaa, kelamaan nih ceritanyaa.. :p
Balik lagi ke pengalaman ngelamar kerja utk posisi AO di BRI tadi, ternyata gagal. Hahahahhaaaaa..
Tapi ad beberapa temen2 yang lolos ke tahap berikutnya. Tapi ga ada yang berhasil mpe tahap akhir tuh,,
Yah, namanya bukan rezeki yaaa.
Kita ga patah semangat gitu aja donk.
Masa baru pertama kali gagal langsung down? Ga bangett. Hehehe. :p
Kita beralih ke tes selanjutnya.

Hmm, pada suatu hari, ad iklan di koran yang isinya pengunguman lowongan untuk posisi Front Liners di salah satu bank terbesar di Negeri ini. (ceileh bahasanyaa) dan syaratnya cuma: Lulusan D3 dan S1 jurusan apa saja, bawa surat lamaran dan CV langsung ke tempat pada hari sabtu dan minggu. Gyaaaa,, antusiasme semakin menggebuu.. rame2 kita dateng di hari sabtu ituuu. Pake blazer lengkap dan sepatu high heels. Hahahaaa..
Dan ternyata ketika nyampe di sana, ngantrinya panjang amat booooo.. Mana di tenda lagi.. Kurang pagi datengnya. Alhasil, lebih dari satu jam kita dalem antrian yang cukup panas dan melelahkan karena pake high heels yang emang bener high. Padahal sebenernya kita semua udah ga tahan pengen nyekerrrrr.. hahaaa,, *susahnya nyari kerja yaaa*
Abis ngantri, kita diukur tinggi badan dan pemeriksaan berkas2. trus, dapet nomor antrian lagi, dan duduk d kursi2 nunggu dipanggil nomornya. *Akhirnya duduk jugaa.. kaki udah keriting rasanyaa..* :))
Next, kita dpanggil kedalem ruangan dimana ada bapak2 dan ibu2 yang duduk d mejanya masing2 dengan sekat2. satu orang satu. Wawancara langsung. Glekh. Ga siaaaaaap. Hahaaa,, jadinya pas giliran aku yang dpanggil buat wawancara, ternyata si bapak Cuma bilang: ”tolong ceritakan tentang kamu”.
Apaa.. aku ga tau mau bilang apa yaa,, padahal keknya lebih enak kalo si bapak ini nanya2 tentang pelajaran kul ajah, *kek kompre itu loh* kan lebih bisa dijawab, cz msh fresh banget di otak. *nyombong* :p
Jadinya yaaaa,, aku cerita ngalur ngidul, mulai dari kelahiranku, keluargaku, kuliahku, hobi dan kegemarankuuu,, hahahahahaaa..
Aneeeeh ah. Ga menjual rasanya. Tapi si bapak manggut2 aja dengernya.
Ga butuh waktu yang banyak untuk menjabarkan ”siapa aku” *karena saat itu aku emang ga punya kalimat yang bagus untuk itu* hiks.
Slese itu, masuk keruangan berikutnya untuk nerima pengumuman apakah lolos atau ga.
Dan ternyata kami semua ga lolos seleksi. Iya, kami semua = aku dan besties ku.
Hahahaha,, jadinya kita ngedumel abis2an. Cz keknya ga fair deh. Masa semua yang cantik2 n berpostur tinggi2 pada lolos ke tahap berikutnya??? Padahal waktu diwawancara dan ditanya tentang ilmu pengetahuan salah satu dari mereka ga bisa jawab. Eh,itu kata temenku looh, yang saat itu menjadi saksi bisu cz wawancaranya sebelahan sm cew yg lolos itu :p
Hahahaa,, jadinya kita semua pulang dengan menghibur diri: ”aih, front liners aja,, sana buat cew yg cantik2 aja dehh,, kita lebih layak jadi back officer dan lain2nya.” sampe ada temen yang nyeletuk ”bakalan nyesel n rugi perusahan yang ga nerima kita ini..” Ahayyy.. nyombong ga ketulungan. Padahal atinya keki cz ga lolos. Hahahahaaaaa... 5 perempuan stress. :))

30 September 2009 -Wisuda-.
Mulai esoknya, tgl 1 bulan oktober, perjuangan baru benar2 dimulai.
Bulan oktober emang bulannya lowongan PNS.
Di mana2 lowongan. Hampir semua Departemen dan Pemerintah Kota serta Pemerintah Daerah ngebuka lowongan pekerjaan di bulan ini. Gyahahhaaaa.. semangat kita semua kembali berapi-api.

Ijazah dan transkrip dilegalisir sebanyak2nya. Gitu juga dengan peralatan tempur lainnya, dokumen2 tambahan. Hehe.
Oiyah, kita juga jadi bikin dokumen tambahan lagii, yaitu kartu kuning! Ahahha,, bikinnya di Disnaker tuh yaa. Trus kita juga bikin Surat Keterangan Sehat di RS. Minta bantu mamanya kak Deka, yang kerja di sana..
Trus juga bikin surat keterangan bebas narkoba di RS Bhayangkara. Trus juga bikin SKCK di Poltabes,, nah pas bikin SKCK ini, aku ketemu sama Dwi Shinta Osaka, salah satu besties ku di kelas 1.4 SMP N 19 Plbg. Hohoo,, jadinya minta tolong deh sama si ibu polisi satu inih.. alhamdulillah semua urusan bikin surat menyurat lancar luncurr..

Jadi lebih siap tempur aja nih.
Semua yang buka lowongan dan memenuhi syarat utk diikuti kita ikutiiii..
Sikat abiss.
Mulai dari Pemkot, Departemen Pertanian, Departemen Kesehatan, PPATK, Departemen Komunikasi dan Informasi, BPK, semuaaaaaaaaaaa diikutin. Kirim berkas lewat pos.
Oiyaaa,, semenjak menyandang status pencari kerja, kita2 jadi sering ke kantor pos. Ahahahhaaaaa..
Ternyata kantor pos itu rameeeeeee amat yak. *padahal aku mikirnya, sejak ada teknologi hp n internet, yg namanya kantor pos itu bakal sepi.. ternyata sama sekali ngga!* :p
Aku sempat memperhatikan sekeliling.
Ada banyak informasi lowongan kerja di sana.
Kita berusaha utk nyatet semua informasi lowongan yang ada. *napsunyaa*
Oiya, saat itu smpet ujan turun. Kita jd terjebak ga bs pulang.
Jadinya nungguin ujan berenti dulu, sambil berdiri2 d depan pintu.
Sekali lagi aku memperhatikan sekeliling.
Ada banyak orang2 seperti kami. Mencari kerja. Sebagian masih terlihat penuh semangat seperti kami. Berapi-api. Tersenyum dan menikmati perjuangan. Sebagian lagi terlihat jenuh dan letih seolah kehabisan tenaga untuk berjuang, namun masih terpaksa berjuang. Tampak kusut. Putus asa dan pasrah. Aku sampai berfikir sudah berapa lama mereka ini berjuang?? Dan seketika terselip seutas doa dlm hatiku: ”ya Allah, permudah dan lancarkanlah urusanku untuk mendapatkan pekerjaan yang Engkau ridhai.. amin.”
Mungkin, saat itu ada malaikat yang membawa doa ku ke pangkuanNYA.. :)
Tak lama, ujan pun berenti. Kita jd bs pulang deh.

Hmm,, pertengahan bulan oktober.
Mulai semakin deg-degan. Berkas2 yg sebelumnya sdh dkirim n jg pendaftaran via online mulai bergerak ke tahap berikutnya. Muncul nama-nama di internet. Diantaranya: Depkominfo, PPATK, dan Deptan. Oiya, Depkes juga pengumuman. Tapi sayangnya aku ga lolos seleksi d depkes. Usut punya usut ternyata ad salah satu berkas yg aku kirim ga sesuai dg syaratnya. Yaitu: Surat Keterangan Sehat dr RS Pemerintah. Seharusnya dkirim yg asli. Tp aku ngirim copy-annya. Hoho. Kesalahan sedikit. Suatu kebetulan. Namun bagiku itu adalah salah satu takdir yang indah. :)

Depkominfo dan PPATK ngejadwalin tes tertulis n tes wawancara langsung d Jakarta. Waktu itu papa msh d Jakarta. Aku udah seneng banget tuh, bakal k jakarta sono. TAPI, papa dengan segala kebijakannya ’menyarankan’ kepadaku untuk membatalkan ikut tes tersebut. Hah? Kenapa pa??
Papa ngjawab: ”Depkominfo itu berdiri hanya selama menteri dan departemennya ada. Dan, tidak ad yang bisa menjamin kelangsungan hidup sebuah departemen. Inget zaman pemerintahan Gus Dur, yang membubarkan Departemen Penerangan??? Gmn nasib PNS2 yg kerja dsitu??”aku terdiam dalam hati mengiyakan. Lalu papa melanjutkan, ”sedangkan untuk PPATK, itu Cuma ada di Jakarta. Ga ad d kota lain, apalagi d Palembang. Kl Min lulus d situ, positif Min pindah k Jakarta n ga bs pindah2 lagi. Gmn mama??” sekali lagi aku terdiam dan juga mengiyakan. Oke. Dengan penjelasan papa seperti itu, aku jadi yakin untuk membatalkan ikut tes tersebut. masih banyak yang lain yang bisa diikutin. :)

Lanjut. Pengiriman berkas ke pemkot Palembang udah dbales n udah dapet no ujian tuh. Tapi tgl tesnya masih lama.
Nah, waktu itu tanggal 12 Oktober 2009. senin. Ada seorang sahabat yang menelponku hanya sekedar untuk memberitahu bahwa ada informasi lowongan pekerjaan di lingkungan Mahkamah Agung. Aku hanya menjawab: ”oh,iya. Tar diliat lagi deh pengumumannya. Makasih. :)”
Sebenarnya, aku ga begitu paham dengan Mahkamah Agung. But, it sounds Great! Hehe. Oke, langsung masuk ke memori otak untuk segera mempersiapkan berkas ke sana. Tapi sebelumnya masih banyak yang harus aku kerjakan. Jadi, kadar prioritasnya mundur beberapa langkah. Toh, pengumumannya tadi baru keluar. Biasanya waktunya semingguan, kan? Nyantai aja. :)
Saat itu, fikiranku sedang bergemelut untuk memutuskan k jakarta atau ga. (lagi2?) iya, bbrp hari yang lalu, itu ada jobfair di kampus UI Depok. Dan disana dibuka pendaftaran PLN. Hanya untuk job seeker yang dtg k job fair tsb. Yang bikin bingung, d palembang ini lagi ada wakcik Edi, kakak mama yang tinggal di Bekasi. Dan tanggal 14 Oktober besoknya, beliau ini mau balik lagi k jakarta. Jd, kalo aku mau ikut k jakarta, bareng sama beliau. Itu yang bikin aku bingung. Papa n mama juga ga ngelarang. Sebenernya aku seneng2 aja bisa ke jakarta sana. Tapi ga tau kenapa, ada sesuatu dari dlm ati yang berontak bertolak belakang. Tapi aku butuh pembuktian untuk itu. Sesuatu yang bikin aku ragu berangkat. Apa itu???

Hari berganti. Selasa, 13 Oktober 2009.
Pagi2, aku n wakcik nganter mama berangkat k puskes. Trus lanjut ke Taspen, ngurusi Taspen papa. Abis itu, kita lewat di depan Pengadilan Tinggi, yang dsamping Taman Makam Pahlawan. Itu ramenya minta ampun. Macet. Ada apa gerangan? Pengadilan Tinggi? Kenapa? Buka lowongan ya? Instingku nyambung. Sepertinya iya. Cz ada banyak orang2 yang bawa berkas2 d tangannya. Dan raut muka mereka, raut muka pencari kerja. *hehe. sotoyy :P* aku Cuma ngeliatin aja, cz aku lagi sama wakcik. Ga mungkin kan aku minta wakcik berenti berentar buat ngeliat k dalem, sementara jalanan macetnya minta ampun karena motor2 yang dparkir dpinggir jalan penuh.
Jadinya, aku Cuma mikir dalem ati. Oke, sepulanng ini aku bakal balik lagi k sini.
Abis itu, aku n wakcik makan martabak Har dulu d dpn msjid Agung. Trus, aku d anter wakcik pulang, n wakcik pergi lagi bawa mobilnya, mau ke kertapati, kerumah mertuanya.
Jadilah aku langsung ngambil tas dengan isi segala peralatan tempurku, dan langsung pergi dengan motor kesayanganku.
Tujuan: Pengadilan Tinggi.
Nyampe disana, aku bingung. Rame dan asing. Mau nanya2 gengsi. Hehe
Kebetulan ada yang jual kertas pengumuman nya,n ada 2 perempuan yang lagi ngeliat2nya. Jadi aku ikut2an ngeliat. Aku agak kaget pas ngeliat kop surat pengumuman itu: MAHKAMAH AGUNG. Apaa?? Ternyata ini yang kata sahabatku kemarin ituu.. ya ampun.. bego yaa.. ga tau hubungannya Mahkamah Agung dengan Pengadilan Tinggi. Hahahahahaaa.. bodohhh. :))

Sekali lagi aku liat isi pengumuman itu sbntar. Agak kena serangan jantung! Ternyata pendaftaran Cuma dibuka selama 3 hari, dr tgl 12-14 oktober 2009. whaaatt?? Ini sudah hari kedua. Dan aku belum nyiapin berkas2 sesuai dengan syarat2nyaa.. mampus. Mikir sekali. Mikir dua kali. Aku langsung cabut, nyari warnet terdekat. Tujuan: DJ Net dsamping Palcomtech. Cozy place,, sekalian nostalgia sama mantan kampus les. Hehe. Maksudnya, aku sebelumnya pernah kursus komputer d sityuuu. Skalian juga krn speedy drmh lg  bermasalah hari itu, jdnya ga bs ngenet.
Selama ngenet, aku buka situs resmi MA, n langsung donlot file pengumumannya. Daaan, aku juga cetingan sama si kaknad. Ngebahas soal ikutan tes PLN di jobfair UI Depok. Awalnya, aku masih kekeh mau k jakarta. Aku udh cheklist berkas utk daftar di MA buat besok. Semua udah lengkap. Paling tar malem tinggal nyiapin surat lamaran, DRH n surat pernyataan yang harus ditulis tangan. Itu aja. Yang lainnya udah ada. Jadi, aku udah agak sedikit lega. Aku merancang rencana besok pagi aku daftar d Pengadilan Tinggi dulu, trus siangnya aku brkt k jkt bareng wakcik. Tapi ternyataaaaa,, ada sesuatu yang salah. Pas diliat2 lagi yang pengumuman syarat2 di jobfair PLN itu, ternyata tidak ada lowongan untuk Akuntansi S1. yang ada Akuntansi untuk D3.. semua S1 itu hanya utk jurusan teknik. Sedangkan selain teknik itu untuk D3. yaaaahhh.. ternyata ga bisa.. si kaknad ketawa ngakak2. sialan. Haha..
Buru2 nelpon mama n bilang kenyataannya begitu, n jg minta k wakcik utk ngebatalin tiket aku.. aku ga jadi k jakarta.. hiks hiks.. ga jadi lagi deh. Sedikit kecewa. Namun bagiku, inipun merupakan salah satu takdir yang indah... :)

Esok harinya. 14 Oktober 2009.
Pagi, aku udah siap. Pake kemeja putih plus blazer casual pink kesayangan dan jilbab pink juga, serta jeans biru. Daaan, disempurnakan dengan high heels putih andalan. yap. Perfect untuk memberikan kesan ’manis’. Huahahahaaaa.. :)). Skiter jam 10 aku berangkat menuju kantor Pengadilan tinggi palembang. Hari terakhir pendaftaran, dan pendaftarnya tetep rameeeee aja. Aku sendirian. Semalem pas nyiapin berkas aku udah ngasih tau temen2 utk ikut daftar d sini, n bilang kl hari ini hari terakhir. Tapi keknya mereka males aja tuh. Jadinya aku sendirian aja.
Pertama. Ngantri untuk masuk, ngukur tinggi badan n ngambil nomor antrian buat tes komputer. Ampun dah. Ngantri ini aja udah mpe berapa jam.. sesek2an. Dorong2an. Tapi untung aja cewek n cowok agak dpisah. Jadi ga sesek2an d antara cowok2. hiiy. Beneran loh, ngantri d depan pintu ini aja mpe sejam lebih.. pas akhirnya aku udah nyampe d depan pintu itu, aku d ukur tinggi badan, n dapet no antrian lagi. Berapa ya nomornya? Udah lupaa.. tapi yang pasti, si bapak yang ngasih nomor itu nyuruh untuk nulis nama dbagian belakang nomor yang aku dapet itu. Oke. Aku tulis namaku.
Udah, trus aku jalan menuju lokasi lain, ga tau kemana, pokoknya ngikutin aja orang2 kemana. Saat itu tanganku penuh. Megang henpon plus headset. Megang pena. Megang map tebel isi berkas2 lengkap. *padahal kalo tau ternyata pemeriksaan berkas itu d tahap akhir, mending aku masukin tas aja itu map*.. dan juga megang kartu nomor antrian yang warna kuning. Di depan sana ada ruangan tempat tes komputer. Dan kartu nomor antrian tadi harus dkasihin ke kakak2 yang jaga d pintu itu. Loh. Kartu?? Mana kartunya?? MANA KARTUNYAAA?? Ilang! Ga ada di tangan di mana seharusnya ia berada. Cari di kantong blazer, ga ada. Di kantong jeans, ga ada. Di dalem tas,, ga adaaaaaaaaaaaaa.. kemana diaaaaaaaaaaaa.. udah panik, cemas, kesel dan sedih. Masa aku harus antri lagi di luar sanaa?? Ini aja udah jam berapa? Ampir jam 12.. kalo aku ngantri lagi, jam berpa masuk lagi?? Jangan2 ntar ga keburu lagi.. hiks hiks. Aku muter balik lagi ke arah tempat pengambilan nomor tadi. Sambil ngeliatin lantai, semoga aja si kartu yang jatoh n ilang itu ketemu lagi. Udah separuh jalan msh blm ketemuuu,, trus ada cowok2 yang –kayanya masih muda,baru lulus sma- duduk2 di pinggir dinding situ. Jadi aku tanya aja, “uhm,, maaf, tadi ada liat kartu nomor antrian yang jatuh d deket sini ga??” trus mereka jawab: “wah, ga ada tuh mba” dengan sedikit kecewa aku menjawab:”oh, ya udah, makasih ya”. Aku ngelanjutin nyari ke belakang. Sudah hampir putus asa, aku berdoa dalem ati:”ya Allah, kalo emang ini jalanku, tolong temuin lagi nomor itu,, permudah jalanku, ya Allah.. tapi jika menurutMu ini bukan jalanku, maka hilangkanlah nomor itu, dan aku akan keluar pulang dari sini..” udah bulet tekad, kalo si nomor itu ga ketemu, aku mau pulang!
Dan ternyata, tepat d jalan depan mushollah, aku ngeliat selembar kartu berwarna kuning tergeletak. Ya, itu kartu nomor antrian! Tertera dua buah angka di sana. Buru2 aku pungut si kartu yang tergeletak tak berdaya dan sedikit terkena cap sepatu, *ada yang tega menginjakmu, sayang??* langsung kuamati kartu itu. Dbaliknya tertulis namaku. Yasmin Nazifah. Tulisanku. Asli. Yeaaaaaaaaaaayyy!! Hatiku bersorak sorai. :D
Tiada kalimat yang terucap selain Alhamdulillah,, Alhamdulillah.. sempat kulirik antrian d luar sana. Masih ramai. Bahkan mungkin semakin ramai.
Aku berballik arah lagi, menuju lokasi tempat kartu itu d antarkan lagi. Dan ternyata si cowok2 yang kayanya baru lulus sma tadi mengejar ku. Mereka bertanya ”udah ketemu mba, nomornya tadi??” wajah mereka tampak sedikit khawatir. Dan aku menjawab ”iya, alhamdulillah.. makasih yaaa” dengan disertai senyum terbaikku untuk hari itu. ”oh, syukurlah, la susah2 dapetinnyo, ngantri.. kalo ilang nak ngantri lagi gek” kata salah seorang dari mereka. Lalu mereka pun berbalik arah. Dan mereka mengatakan bahwa nomor itu dberikan k ruangan tempat tes komputer. Mereka udah nyerahin nomor mereka, jadi mereka tinggal nunggu dpanggi aja. Oke, aku bilang kalo aku mau ke sana dulu, dan mereka pun kembali duduk2 di tempat semula. Wah,, mereka sampe berniat bantu aku nyari kartu itu tadi,, pemuda jaman sekarang. Baik yaa. Hehe :p
Akhirnyaa, si kartu berhasil sampai ke tangan si kakak2 yang jaga d pintu ruangan tes komputer. Aku lelah. Berdiri dalam waktu lama dengan menggunakan high heels itu bukan merupakan suatu yang menyenangkan. Ya, kayaknya aku salah kostum. Kupikir, proses pendaftaran berlangsung dengan cepat dan biasa. Tau bakal lama kek ini, pake flat shoes kul yang kaya biasanya aja yaa.. tapi kalo ngeliat peserta2 lain, ga sedikit juga kok yang pake high heels. Hahaa,, pasti mereka sama kek aku. Saltum. Positifnyaa, kami itu berusaha berpenampilan menarik. Hahahaaa. Ngeles aja. Aku capek. Semua orang duduk dipinggir koridor itu. Aku duduk di depan pintu salah satu ruangan yang terkunci. Bener2 d depannya. Malah aku duduk di keset nya. Beruntung. Ac ruangan itu yang sejuk keluar melalui celah bawah pintu. Nyaman. Hoho.
Oyah, ternyata aku ketemu sama temen sekampus, beda jurusan. Anak manajemen. Dia pun sendirian aja. Jadinya dy duduk deket aku. Kita ngobrol2. aku keluar sebentar, beli roti dan semacemnya yang bisa ganjel perut yang udah laper dari tadi. Si temenku itu ternyata udah makan. Jadinya aku sendirian keluar. Ternyata di halaman ada banyak orang2 yang jualan makanan n minuman. Aku beli roti aja, n sebotol pocari sweat. Udah. Balik lagi ke koridor dalem tempat aku n temenku tadi duduk. Trus makan roti deh. Cukup ngeganjel si perut juga makan roti segitu. Ternyata jam istirahat pegawainya lama juga ya. Hmm,, sayangnya, waktu itu aku lagi berhalangan untuk sholat. Jadilah waktu terasa berlalu lebih lama..

Nah, udah sekiter sejam lebih nungguin jam istirahat pegawai itu, ternyata kita semua yang duduk2 di koridor diusir dari situ!
Katanya mengganggu jalan. Jadinya disuruh berdiri di luar, d bawah tenda sana. Duuhh. Pindah deh. Kita ngikut aja.
Akhirnya jam istirahat pegawai tadi udah abis. Mereka mulai ngelanjut proses pendaftaran. Dan aku, masih nungguin nomorku tadi dipanggil untuk tes komputer. Udah hampir jam dua. Gini2 aja. Aku sempet mikir. Untunng aja kemarin aku batalin ikut wakcik berangkat ke jakarta hari ini. Coba aja kalo jadi, udah ga bakal tekejer nyelesain daftar di sini, eh pas nyampe di jobfair nya juga ternyata ga bisa daftar cz ga buka lowongan untuk akuntansi S1. huahahahahhaaaaa.. takdirrrr emang yaaaaaa. :)

Panas mentari mulai terasa menyentuh kulit. Letih berdiri dengan high heels. Sesak berada di antara ratusan orang. Lamaaaaaaaaaaaaa amat nomorku dipanggil sih ah. Bete. Temenku tadi udah dipanggil duluan. Cz emang tadi dia dpt nomor lebih awal. Jadi aku sendirian lagi.

Akhirnya, nomorku dipanggil. Dan aku mengangkat tangan memberitahu bahwa aku ada di sini. Di belakang. Terjepit di antara orang2. huaaaaaa,, dari belakang aku berenang ke depan. Ya, berenang. Aku berenang di lautan oraaaang.. hiiy. Padet amat sih ini. Kasih jalan dikit napa?? Dan akhirnya aku tiba di ruangan tes komputer. Aku disuruh duduk di depan salah satu komputer. Ada seorang pegawai berpakaian dinas di sampingnya. Bertanya padaku: ”jurusan apa??” dan aku jawab akuntansi. Lalu si kakak2 itu memberikan soal. soal untuk dikerjakan. Ada sederet angka. Disuruh diketik dengan menggunakan program excel. Lalu disuruh nyari nilai total dari penjumlahan angka2 tersebut, pake rumus. Lalu disuruh nyari nilai rata2 dari jumlah kesemua angka2 itu, pake rumus juga. Yap.
Ga sampe 3 menit, Selesai. Mudah amat yak. Aku nanya sama si kakak2 itu, ”apa lagi kak? Udah selesai nih. ” eh ternyata si kakak kaget dan bilang ”hah, udah selesai yah, ya udah. Nih, minta cap di luar sana.” sambil menyodorkan selembar kertas tanda telah melaksanakan tes komputer. Aku tercengang. Appppppaaaaaaa??? Segini doaaaaaaaangg?? Hampir tiga jam aku nungguin buat dipanggil, ternyuata cuma untuk nyelesain soal begini ajaaa?? Manaaa rumus ’vlook-up’ nya? Manaaa rumus ’if’ nya, yang emang biasa digunain buat tes?? Ah. ga beres ini. Hahahaaa.. tapi keknya aku yang lebih ga beres. stress. Kecapean kali. :)).
Jadilah aku melangkah gontai ke luar, minta cap. Trus lanjut ngantri lagi di meja pemeriksaan berkas untuk jurusan akuntansi. Syukur alhamdulillah ga panjang antriannya. Cuma sekiter 3-4 orang di depanku. Yahh,, syukurlah. Tapi ternyata cukup lama juga. Sempet ada yang bermasalah sama SKCK nya. Bingung dia. Ga sempet kalo mau ke poltabes buat ngurus skck, sementara pendaftaran ini Cuma mpe jam 4. masih ada dua jam lagi. Ya tetep aja ga cukup. Kasian juga. Ga tau gimana deh nasibnya dia..
Akhirnya aku nymape juga di pemeriksaan berkas. Semuamua deh aku kasih. Hehe. Si bapak itu aja yang bingung ngeliatnya. Banyak amat sertifikatnya? Si bapak sempet berkata. Aku hanya tersenyum. :p
Alhamdulillah berjalan lancar. Aku berhasil mendapatkan nomoor ujian! Yeaaaaaay. Udah jam 3an tuh. Aku mau pulang. Hari juga mendung mau ujan. Rasanya udah ga sabar pengen pulang ke rumah.
Eh tau2, ada seorang anak cowok menghampiriku. Bertanya: ”mbak, udah dapet nomor ujian?” iya, jawabku.
Ternyata si anak cowok ini ada maunyaa.. dia minta tolong dibikinin surat lamaran n daftar riwayat hidup (yang harus ditulis tangan tuh). Dia bilang kalo dia baru tau dan baru datang. Dan dia juga bilang kalo tulisan tangannya jelek, jadi minta tolong tulisin sama aku, karena kebetulan aku udah selese dapet nomor ujian n kebetulan juga lewat depan dia. (hahaha,, mau ketawaa.. emangnya tulisan tanganku bagus yaa?? :p)
Awalnya aku agak keberatan, sekilas kulirik langit yang baru mulai mendung dan motorku yang kuparkir di seberang sana.
Tapi, aku kasian juga ngeliatnya. Dari tampangnya dia anak baik2. Yahh,, apa boleh buat. Dia sudah datang d depanku untuk minta tolong.. aku tak bisa menolaknya. Jadilah aku duduk dipinggir taman di halaman kantor itu. Mulai menulis di kertas dobel folio. Surat lamaran kerja yang sudah kuhapal formatnya. Dengan cepat bisa kuselesaikan. Lanjut bikin daftar riwayat hidup. Dia baru lulus STM gitu deh. Namanya pake marga khas batak. Langit mulai bergemuruh. Aku mempercepat tulisanku. Sampe akhirnya selesai. aku nyuruh dia untuk cepet2 minta nomor antrian untuk tes komputer. Dia berterimakasih. Dan aku pun buru2 berlari menyeberang jalan, menjemput motorku yang dari pagi tadi terparkir di pinggir jalan. Mpe sore aja masih macet. Hohoo.. gila ya. Dan ternyata aku keujanan di jalan. Tapi aku ga brenti. Terus aja keujanan nyampe rumah. Hehe.. :p
Jadwal tes nya tanggal 26 oktober 2009. ada jeda sepuluh hari untuk belajar. Ya, tentunya aku manfaatin waktu dengan sebaik2nya. Aku belajar. Hohoho.. iya, belajar dari contoh soal2 tes cpns. Ada yang di donlot, ada juga dari buku tes psikologi punya kaknad, dll. Aku berusaha untuk baca2 n jawab soal2 dari bahan2 tersebut selama ada waktu senggang selain online maen farmville dan cafeworld di facebook. Hahayy.
Sekiter beberapa hari sebelum tes, itu ternyata ada pengumuman tes Deptan yang tiba-tiba keluar. Tesnya di daerah pangkalan balai sono. Jauuuh. Mau registrasi ulang juga mesti ke sana. Nah, waktu itu aku barengan sama si Wahyu. Waktu itu hari jumat, mesti registrasi ulang. Sabtu esoknya udah tes. Sdgkan pengumuman tes keluar pas hari kamisnya. Mepet bener. Jadilah kami buru2. karena rumah si yuyu di km 12, jadi aku yg kerumah dia. Jauh perjalanan dari polygon ampe rumah si yuyu. Udah nyampe k rumahnya, udah siap2 mau ke pangkalan balai buat reg ulang, eh ga taunya kertas print out pendftaran online punya ku ilang. Ga ada ada d dlm map. Padahal berkas2 lain udah ada semuaa.. kemana ya?? Kayanya ketingalan. Oh my gosh. Padahal itu aja udah jam berapa.. sekiter jam sebelas. Aku mikir, kalo aku balik ke rumah lagi, trus mau balik lagi ke sini, trus baru ke pangkalan balai, aaahhh.. abis waktu d jalan!!
Akhirnya aku mutusin untuk ga ikut tes deptan. Huahahahaa.. alasanku karena males aja, n juga karena aku mau belajar buat tes MA di hari senin besoknya. Hoho.
Jadinya aku pulang aja. Si yuyu sendirian reg ulang k pangkalan balai. Hehee
Tapi aku nepatin janji. Aku belajar buat tes MA. :)

Oiya, tes MA itu di Gedung Serbaguna Pusri. Mulai jam 7 pagi. Wah jauh juga. Jadinya aku nginep di rumah bicik Mil (adik papa) di komplek Pusri, biar deket n lbh siap pagi2nya. Minggu sore aku udah dianter ke sana. Malem senin itu, aku masih belajar sedikit2.

Sampelah senin pagi. Pagi2 aku udah siap dengan kemeja warna cokelat muda dan rok item. Abis sarapan, aku langsung d anter adik sepupuku ke gedung serbaguna. Udah rame. Aku masuk n nyari tempat duduk.

Sendirian. Bengong. Oiyaa, baru ketemu sama si Tinda n Ulin. Temen sekampus yang ternyata ikut tes ini jugaa. Tapi duduknya jauhan.. tetep aja aku bengong sendirian. Haha..
Selama nungguin ujian mulai, aku dengerin surat Yaasin dr headset henpon. Berulang2kali. Sambil sedikit baca-baca buku juga.

Akhirnya tes dimulai. Aku ngerjainnya dengan pasrah. Hehe
Tapii, anehnya, soal2 itu terasa mudah. Satu persatu soal terselaikan dengan baik. Mpe akhirnya semua selesai. Tanpa masalah. Dan semua soal terjawab.

Yap. Aku udah berusaha dan berdoa, sekarang tinggal bertawakkal. :)
Setelah semua tes selesai, aku dijemput bicik Mil kembali ke rumahnya. Sorenya, aku baru pulang ke polygon.

Sekitar dua minggu kemudian, tanggal 11 November 2009. pagi hari, aku dapet sms dari kakak tingkatku, yang ngasih tau kalo aku lulus tes MA. Wah, aku cukup kaget. Tapi saat itu aku sedikit terburu2 untuk pergi sama mama ke tangga buntung, cz waktu itu ada keluarga yang mau berangkat haji. Jadi aku belum sempet ngebuka inet. Tapi pas aku ngebuka fb dr hp, itu ada temen yang ngucapin selamet udah lulus di MA. Aku jadi makin yakin, wahh, lulus beneran nih.. hehehe. Tapii, perasaanku waktu itu masih biasa aja. Aku mikirnya, toh, baru tes tahap pertama ini. Belum tentu aku bisa lulus mpe tahap akhir. Aku mikir gitu karena sebelum pengumuman tes ini keluar, aku juga ikut tes pemkot yang ternyata gagal di tahap pertama. Hahahaa.. asli tuh, aku ngerasa tes pemkot waktu itu susah bangett.. :p
Makanya aku ga terlalu gimana-gimana. Sama mama pun aku Cuma bilang kalo aku lulus tahap pertama tes MA.
Siangnya, nyampe rumah, aku baru mulai ngebuka inet, buka situs MA. Tapi ternyata padet. Susah dibuka. Ya udah. Aku tungguin aja. Sampe akhirnya aku berhasil ngedonlot pengumuman lulus tes, ada nama-nama peserta yang lulus. Disitu. Aku baru tertegun. Sesaat darahku berhenti mengalir. Jantungku berhenti berdetak. Aku merinding.
Pengumuman itu menyebutkan bahwa nama-nama yang tertera disitu adalah nama-nama peserta yang benar2 lulus menjadi cpns MA. Tak ada lagi tes tahap berikutnya. Hanya ada beberapa syarat yang harus dilengkapi untuk pemberkasan. Langsung saja aku berteriak memanggil mama. Memperlihatkan pengumuman ini. Dan memperlihatkan namaku di sana.
Mama pun sedikit bingung dan langsung memelukku. Seketika mama menyuruhku menelpon papa untuk memberitahukan kabar ini. Aku gemetar memegang henpon. Ketika suara papa terdengar di ujung sana, langsung kujelaskan semua ini. Papa pun mengucapkan ”Alhamdulillaaah... selamat nak.. itu artinya sudah pasti Mi2n diterima di situ. ”
Huaaa.. mau nangis rasanyaaa....
Yang bisa kuucapkan hanya Alhamdulillah,, Alhamdulillah,, Alhamdulillah,, tanpa henti dalam hatiku.
Terimakasih ya Allah,,
Atas kabar baik buat orangtuaku ini.. :)

Setelah itu, perasaanku bercampur aduk. Bingung. Apa ini nyata?? Di antara sulitnya mencari pekerjaan di zaman sekarang, zaman dimana pekerjaan *khususnya PNS* diperjual-belikan, aku bisa lulus dengan mudahnya.. ya, begitu mudah dan lancar. Aku benar2 tak percaya dengan anugerah ini. Namun kemudian, aku menyadari bahwa semua itu merupakan kekuatan ALLAH. Lantas, apa yang tidak mungkin??
Aku menganggap ini adalah jawaban atas doa orangtua ku. Doa yang selalu mereka panjatkan dalam tiap sujudnya.
Dan aku begitu bersyukur bahwa ALLAH memberikan kebahagiaan kpd kedua orangtuaku melalui aku. Ya,, ini giliranku membahagiakan mereka. :)
Masih teringat jelas raut muka mama saat itu.. kebahagiaan yang terpancar dari matanya. Sayang aku tak bisa melihat secara langsung kebahagiaan papa saat itu.. :)

Hari2 selanjutnya aku disibukkan dengan urusan ngelengkapin berkas2. salah satunya ngelegalisir ijazah dari SD sampe kuliah. Sekalian nostalgia juga sm SDMuhammadiyah 6, SMPN 1, n SMAN 1 ku. Senengg.. :)

Oiya, pada suatu hari, aku sempet chatingan sm kaknad. Kaknad langsung nanya ”apa rasanya lulus tes?”
Fikiranku melambung.
Aku n kaknad ada sedikit kesamaan dalam hal lulus2an kayak gini.
Beberapa tahun yang lalu, kami pernah merasakan yang namanya lulus tes SPMB. Bedanya, kaknad lulus tepat di pilihan pertamanya, Teknik Elektro Unsri. Sedangkan aku, lulus di pilihan ketiga: Ekonomi Akuntansi Unsri. Hmm, jujur, ada rasa sedikit  kecewa ketika saat itu aku lulus di jurusan ini. Namun ketika di jalani, ya,, inilah yang terbaik bagiku. Emang hanya ALLAH yang tau apa yang terbaik bagi kita semua. Jadi inget salah satu ayat Qur’an yang bunyinya: boleh jadi kamu mengira sesuatu itu baik bagimu, padahal tidak menurutNya. Dan boleh jadi kamu menganggap sesuatu itu buruk bagimu, padahal tidak menurutNya.” kira2 gitu lah.. hehe.

Aku membandingkan perasaanku waktu lulus tes SPMB dengan ketika aku lulus tes MA. Aku tersenyum dan kemudian menjawab pertanyaan kaknad tadi, ”rasanya ga bisa diungkapkan dengan kata2”. Hehe
Ya, tentu beda perasaan itu.. walau namanya sama2 lulus tes..
Tapi kemudian aku ngebandingin lagi perasaanku dan perasaan kaknad.
Kaknad tentu punya rasa syukur dan kepuasan yang jauh lebih besar karena diiringi dengan perjuangan yang besar juga. Iya, dia ikut tes PLN waktu itu sampe 6 tahap kalo ga salah. Dan semua itu ga mudah. Aku tau pasti semua itu ga mudah. Sedangkan aku, Cuma ikut sekali tes yang langsung digabung dua tahap, tau2 lulus. Hehehe. Aku lebih beruntung ternyata yaaa :P
Lagi2 aku hanya bisa memanjatkan puji dan syukur dengan lafaz Alhamdulillah...:)
Waktu bergulir. Hampir 5 bulan berlalu sejak pengumuman aku lulus dan pengiriman kelengkapan berkas. Akhirnya tiba juga saat nerima SK penempatan kerja.
Untuk kedua kalinya aku menginjakkan kaki ke gedung Mahkamah Agung *setelah yang pertama itu pas nganterin kelengkapan berkas* . tetep dianter n ditemeni mama-papa. Aku ngambil SK. Ternyata penempatan di kota Lahat. Pengadilan Negeri Lahat.
Aku sempat terdiam sesaat ketika membaca nama kota itu. Ada sudut hati yang tergores. Kenyataan yang tak sesuai harapan. Aku mencoba menguatkan hati dengan bayangan2 itu. Kenyataan bahwa aku harus meninggalkan rumah.
Dan ketika aku memperlihatkan SK itu k mama-papa, mama tiba2 saja menangis.. ya, hatinyapun pasti tergores. Aku memeluknya sambil berkata : ”tak apa, ma.. semua pasti baik2 sajaa..” namun aku sendiri pun tak kuasa menahan tangis. Aku sedih. Ya ALLAH, apakah aku termasuk golongan hambaMU yang tak bersyukur?? Tidak! Jangan sampai ya ALLAH.. aku hanya sedih menghadapi kenyataan bahwa aku harus pergi meninggalkan rumah. Meninggalkan mama. Dan mamapun pasti sedih karena alasan yang sama. Maka, kuatkan kami ya ALLAH.. aku tau ini hanyalah cobaan kecil penguji iman. Apakah kami akan tetap bersyukur atas tiap nikmat yang telah Engkau berikan. Walau nikmat itu tak sesuai dengan pengharapan kami sebelumnya. Namun aku kembali meyakini, bahwa hanya Engkau yang Maha Mengetahui baik buruknya sesuatu..
Dan aku telah menyerahkan semuanya padaMu. :)

Hari2 selanjutnya di Jakarta agak lucu. Jujur saja, dalam hati aku memang masih merasa cemas, khawatir akan diriku sendiri kelak di sana, di tempat ku bekerja. Semua pertanyaan2 ’bagaimana’ terus berlalu-lalang dalam fikiranku. Namun aku tetap berusaha terlihat ceria di depan keluargaku. Tapi sepertinya kecemasan dan kekhawatiran itu tak dapat kututupi dengan baik. Jadi mereka tetap saja bisa melihat kondisi hatiku.
Lucunya, aku seolah ’dihibur’ dengan segala macam hiburan. Hahahaa..
Semua yang aku inginkan dituruti! Asik kan? :D
Ya, seperti kaknad yang habis2an mentraktirku nonton How to Train Your Dragon 3D di XXI Pim2, trus ke Hoka-Hoka Bento makan Ebi Furai kesukaankuu.. n juga ke Death by Chocolate sesuai request kuu.. hahayy! Yang terakhir itu yang paling asiikk n paling ditunggu2.. Kita pesen Heavenly Dilemma kalo ga salah nama menunya. Huaah! Ini keduakalinya kita ke Death by Chocolate, n tetep aja, beneran dibikin mati sama cokelaaaaat.. mau lagiii.. xD

Merasa terobati nih. :D
Tapi ternyata aku jg dapet kejutan lainnya dari papa n kakning.
Taraaaaa,,, aku dapet HP Nexian She! Huaaaaa… senengnyaaa!!
Dari pertamakali liat iklannya di tipi, I’m soooo in love with this cute gadget!  :D
Dari pertamakali itu juga aku ngebujuk papa n kakning utk minta dibeliin itu henpon. Tapi ga dikasih2 dengan alesan henpon N70 nya masih bagus. :(
Eh ternyata sekarang dikasih.. yeaaaaayy!! ^o^
Kata si kakning, hadiah biar ga sedih di Lahat nanti. Huahahahahaa…
Ada2 ajaa.. whatever alasannya apa, yang pasti aku bahagiaaa :D

Sampe akhirnya balik ke palembang.
Dan hari itu, tanggal 13 April 2010, aku berangkat k Lahat. Bergegas untuk melapor ke kantor ku.. waktu itu aku cuma ditemenin sama sepupu. Dan juga dengan dua orang teman baru ; yuk Nani dan kak Andrian. :)
Mama ga ikut. Dan di jalan, mama ngirim sms yang isinya: “Min, mama balek tadi nangis sedih nian mama dak katek Min.. Mama sayang Min.. semoga rahmat & lindungan Allah selalu menertai setiap langkahmu.. amin.”
Seketika airmataku pun mengalir.. *duh, jd beneran nangis lagi*

Esoknya,  Rabu, 14 April 2010.
Untuk pertamakalinya aku menginjakkan kaki di kantor Pengadilan Negeri Lahat. Aku d anter sepupuku, cek Wati. Turun dari angkot, aku ngeliat gedung kantor yang cukup megah. Dan jantungku berdegup ketika mulai memasukinya. Ruang kepegawaian menjadi tujuanku. Dan dengan mudah kami mendapatinya. Di dalam ruang itu ada dua orang. Seoarang bapak2 dan seorang kakak2. haha. Kami disambut dengan ramah. :)  dan ternyata setelah mengobrol2, bapak ini adalah orang yang tak asing. Ia adalah adiknya temen mama. Bahkan, ia pernah ke rumahku. Huaaaahahhaaa.. sempitnya duniaa.. :)
Kembali aku merasakan kekuasaan ALLAh, penciptaku..
Tak lama, aku diajak si kakak2 itu keliling kantor untuk perkenalan. Hihihi.
Sempet grogi harus kenalan dengan semua orang d kantor ini,, sampe2 aku ga bisa langsung mengapal orang2 yang sudah berjabat tangan denganku ituu.. haha.
Tapi ada seorang yang cukup aku inget.  Lelaki yang ketemu di lobby depan. Lelaki yang sksd, yang langsung melontarkan pertanyaan : “anak unsri y?” dengan sedikit heran aku mengiyakan *krn aku sama sekali ga bilang kl aku alumni unsri* dan sedikit penasaran,mengira diapun alumni unsri. Aku pun balik bertanya: “hmm,, iya, kok tau?” lalu dia pun kembali berSKSD : “pernah ikut panjat dinding kan?” kali ini dia benar2 berhasil mencuri perhatianku. Panjat dinding?? Heyy,, it was happened 4 years ago. Did he ever see me over there n still remembering me?? Huahahaahhahahaaaa.. unbelievable. Namun dia berlalu dan akupun harus menuju lantai 2 bersama si kakak tadi. Padahal masih penasaran. Tapi ternyata, dia tau aku ikut wall climbing dari ngeliat di video facebook. Huuu,, kirain. :p
Yahh,, hari pertama perkenalan dengan lingkungan kantor berlangsung cukup baik. Walau belum ketemu sama pak ketua n pak pansek karena beliau berdua sedang tidak ada d kantor. Jadi aku baliik lagi dulu k palembang besoknya. Baru mulai masuk kantor tanggal 19 April 2010, hari senin.

Ya,, inilah awal mula crita ku di sini..
Di kota ini..
Di lingkungan ini.
Saat itu, aku tak pernah tau apa yang akan terjadi.
Semua kekhawatiran, semua kecemasan, semua keingintahuan dan semua perasaan berbaur dan berbias.

Walau mungkin pertanyaan “mengapa aku ada di sini” masih sesekali terngiang dalam hati dan fikiranku, namun dengan cepat aku dapat menjawabnya,, “karena ada sesuatu yang menantiku di sini. Menanti untuk ku temukan. Huahahahaaa.. tapii,, apa itu? Masih rahasia ilahi. :)
Sekali lagi aku meyakini diri bahwa tak ada yang namanya ‘kebetulan’ di dunia ini. Semua telah tertulis dengan pasti. Sesuai dengan urutannya masing-masing. Dan kita hanya tinggal menjalani...
Wallahua’lam bisshowab.

2 comments:

Alexanderia mengatakan...

di palembang nya..
tinggal dimano.
ku juga uwong palembang nih
tinggal disekip

hehe

- MeLati - mengatakan...

tingaal di bukiit :)