Senin, 31 Januari 2011

Pagaralam on the Weekend!

yay! weekend kali ini benar2 penuh akan petualangan dan pengalaman. seruuu... :D

semua berawal dari rencana ke pagaralam, nginep ke rumah yuk Diah (tmen kantor) yang abis ngelahirin,, tapi belum sempet2. sampe akhirnya kita nekat ngejadiinnya pas weekend kemarin ituu. Jadilah kita berangkat bertiga. Aku, yuk Fitri, dan Vera (semuanya temen kantor).
hari Jumat, kita ngantor sampe jam 11. trus kita langsung berangkat naik angkot tujuan Lintang, Kab Empat Lawang.

 
di dalem angkott bersama yuk fitri n vera



Kita berangkat sekiter jam 11.45 dalam keadaan hujaaann.. jadinya pake payungg. hoho. senangnya. Setelah dlm perjalanan kurang lebih 2,5 jam, akhirnya kita nyampe di rumah yuk Diah. kangeennn sama ayukku satu inii.. poto dulu dah.. hahah


 foto sama yuk Diah.

udara dingin menyelimuti. Tapi suasana yang hangat menyambut kedatangan kami d rumah yuk Diah. ada kak Aan, kakaknya yuk Diah, dan juga Ibu, mama yuk Diah. kami langsung dsuruh makan siang begitu tiba. emang sih, belum makan pas brkt tadi.. hoho. jadinya kita makan dengan lahap.hoho :P
Sesorean, kita istirahat bahkan sempet ketiduran karena kecapean dan udara yang dingin.

tau2 udah sore dan harus mandi. yakkk,, ini nih cobaan yang asiknyaa.. mandi pake aer dingin sedingin aer ess!! tiap kali dguyur badan langsung geger gemeterrr.. huahhhaaaa.. tapi kerasa dinginnya cuma pas gitu aja. trus ga terlalu kerasa dingin lagi kok. ga sedingin d kota Pagaralamnya.

oiya, Desa ini namanya Desa Muara Payang, yang ternyata masih termasuk dalam kabupaten Lahat, bukan Pagaralam. tapi lokasinya melewati Kota Pagaralam. jadi, Kota Pagaralam itu terletak di tengah2 Kabupaten Lahat. Setelah Kota pagaralam, itu masih ada dua Desa yang masih masuk dlm kab. Lahat, yaitu Desa Jarai dan Desa Muara Payang. nah, Desa Muara Payang ini sendiri adalah Desa paling ujung, berbatasan dengan Kabupaten Empat Lawang. hwahahaa.. ribet yaa. :p


Lanjut cerita aja deh. malemnya, kita ke bibik tukang urut. itu tuh, si yuk fitri yang dulu pernah ke sini ketagihan pingin dpijit lagi. ada-ada aja. mijitin satu orang aja mpe sejam setengah. jadinya pas malem itu cuma yuk fitri n vera aja dulu yang dipijit. aku belom. malem besoknya aja.
pulang2, udah jam 10an. capeekk,, dingiinn ujan2an,, jadi langsung tidur deh. :)

Besok paginya, kita mau jalan2 ke sungai, dan mandi di Telaga Putri.
yihiiiyy :D
 Poto sama Yeni, sepupunya yuk Diah di depan rumahh..

 Ada jembatan gantung cuyy!! tapi ga terlalu panjang dan juga masih kokoh. jadinya ga terlalu berayun.. berani doong :D

 ini sungainyaa,, deres amaat..

 poto dulu sama Vera d pinggir sungai



trus abis main2 bentar ke sungai kita ke Telaga Putri buat mandii.. hihihi. ternyata cukup jauh juga, kita jalan kaki. dan ternyata Telaga Putri itu di Kabupaten sebelaaaaahhh..


see?? Kita jalan kaki ke kabupaten tetangga, kab. Empat Lawang. hahaha.. ga jauh2 amat sih. cukup excited karena rasanya baru kali ini melangkahkan kaki melewati dua tempat yang berbeda. yaa, selama ini kan naik mobil kalo melewati perbatasan kota gituu.. (jadi inget film A Walk To Remember, yang ceweknya pengen berada di dua tempat yang berbeda pada saat yang bersamaan, trus dbawa sama si cowok ke perbatasan kota. Jadinya satu kakinya masih nginjek di Kota ini, dan kaki yang satunya nginjek kota lain. hihihi.) dan juga rasanya baru kali ini aku menginjakkan kaki d kab. Empat Lawang ini.

Setelah cukup jauh berjalan, akhirnya kita nyampe di Telaga.. waaw. emang beneran telaga sumber mata air pegunungan. Airnya itu keluar dari dalem tanah, dari sela2 bebatuan di dasar telaga. jadi air dr telaga ini ngalir ke sungai ngelewatin sawah dsekitarnya.. keren. dan karena ituuu,, airnya DINGINNN!!

 Pas nyelupin kaki di airnya.. brrhh... sumpah dingin segerrr! :D eh ada bibik2 yang lagi nyuci tuh dblkg.. haha

 ada anak2 juga berenang disini,,

 look! airnya jernih bening,, dasarnya bener2 keliatan dari atas

tuh, keliatan juga semburan2 airnya keluar dari dalem tanah, meluap2 gituu..

kita mandi ampe puas disinii..
berasa jadi putri2 jaman duluu.. hihihihi...
putri dari kayangan yang turun buat mandi di telaga. :))

trus pulangnya k rumah kita naik angkot dah. haha..
padahal ga jauh2 amat.. cuma capek aja mau jalan lagii :p

abis makan siang,  kita berempat mulai perjalanan ke Pagaralam lagii dengan ditemenin sama kak Aan,kakaknya yuk Diah. naik mobil.


 welcome to Pagaralam!



udah beberapa kali k Pagaralam, aku tetep aja terpesona dengan indahnyaa kota ini..
cantik dipenuhi bunga-bunga berwarna-warni.
bangunan2 yang unik dan kebanyakan diseragamkan.
latar belakang gunung dan perbukitan..
hamparan kebun teh yang hijauuu..
dan udara yang sejuk.
aku suka kota inii..
*tapi sayang ga ada mol* haha

selain punya keindahan yang tersebut di atas, kota ini juga punya wisata air terjun. yaa,, namanya juga daerah pegunungan, pasti ada air terjunnya doonk.
dan di kesempatan kali ini, kita bisa main ke air terjun ituu..

yang pertama air terjun Cughup Mangkok.

 merenung.

4 bidadari turun dari air terjun. hahahahaa..

air terjun ini cukup ramai dikunjungi. ada keluarga yang datang sambil makan siang disini.. dan juga ada serombongan polisi2 muda. daan yang cukup lucu ada juga orang yang pake toga wisuda dateng kesini juga buat poto2 doaank.. hahahaha.. aneeehhh.. :))
tapi kalo menurut aku pribadi sih, tempat ini kurang asik. selain karena kawasan airnya cuma berupa lingkaran (mungkin krn itu dkasih nama mangkok), dan juga ga ada yang turun ke air. dan juga agak sedikit kotor. mungkin karena cukup rame ddatengin orang ya,,
kita cuma bentar aja di sini.

next, kita ke air terjun satunya, Cughup embun.
disini, ada yang menarik.. :)

pas pertama masuk, yang keliatan cuma gini doank:

dan juga inii,, ada tangga yang terjal dan paaanjaaaaaaaaaaaanggg.. tangga seribu kali yaa..

ugh. ngeliatnya aja udah capek duluan..
 beneran, rasanya ga nyampe2 ke bawahh,, mpe berapa kali berentii..

dan akhirnya,, si air terjun nya keliatan jugaaa.. :D
akhirnya nyampe jugaa..
 ini dia air terjun Cughup Embun. wow. amazing. dazzling! :D

 ada tiga baris

 kita kegirangan mpe pose ga jelas. haha

 "hey yasmin" kak Aan manggil n tiba2 moto.. bagus juga hasilnyaa.. hehe :p

 menikmati embun.

eh, tau kenapa aku bilang menikmati embun??
ya, itu karena dari jarak sejauh ini aja dari air terjunnya, itu percikannya kerasa mpe sinii.. bahkan dari sebelumnya, dari jarak yang lebih jauh dari ini juga percikan airnya udah kerasaa.. kaya ujan gerimis gituu.. tapi bukan ujan. mungkin karena itu ya dikasih nama air terjun embun. hohoho *sotoy* :p
makanyaa,, keren banget tempat inii.. masih suasana asli dan agak sepi. daan satu lagi, AIRNYA DINGIN BANGETT!!
sumpah, pas masukin kaki ke air, rasanya langsung kesetrumm.. hahaha..
kaki mpe gemeteraaaan.. bener2 gemeteraan..
mungkin juga pengaruh karena kakinya cape turun tangga tadi ya,, tapi ini emang bener2 dinginn.
tapi walaupun dingin tetep aja maksain masuk ke air,, dan juga poto2. hoho






kita main n poto2 mpe puaaaaass..
cukup lama juga.

akhirnya pulang. nah, ini dia. penderitaan merajalela.
capeknya minta ampuuunn naikin tangga iniii..
mpe beberapa kali berenti buat istirahat. rasanya ga nyampe2 ke atass... hahaha
pelan2 meniti tangga. mengash! mpe ngosh-nngoshan! tiap hari ajaa naik turun tangga gini, dijamin kurus dalam waktu singkat. hahaaa

trus dari sini kita jalan2 aja, ke kebun teh. ke pabrik teh.
mulai sore,, dan ujan pun perlahan mulai turun.
kak Aan ngajakin makan bakso di Lesehan bakso urat Monila. satu pentol aja guedeeee.. kenyang. angett.. enak. :D

trus si vera mau mampir ke SM katanya.. jadi kita mampir bentar aja.
truuuss,, kita pulang donk.
hari yang menyenangkan dan mengasikkann :D

malemnya, kita ke bibik tukang urut lagii.
kali ini giliran aku yang diurut.
wihiiw. jari2 si bibik tajem amat yak. rasanya mpe sekarang masih kerasa menusuk di sekujur tubuh.
sakit ah. mpe jerit2. tapi enak sih..
pulangnya mpe malem.. ujan2an pake payung.
tau2 d tengah jalan tiba2 mati lampu!
huaaaa.. kita teriak2 sambil lari tungganglanggang!
hahahaa..
gila. kanan kiri utan kek ituu,, mana ujan. malem2 jam 10an lagi. gimana ga takuut.
untung aja bentar mati lampunya. dan kita pun nyampe rumah dengan selamat. alhamdulillaaah. :D

besoknya, badan kerasa pegel2 semuaa..
pengen tiduraaaaaan ajaa.. tapi ga mungkin. hiks.
pas aku lagi duduk2 di tras, aku ngeliat Ibu (mamanya yuk Diah) lagi ngambil buah sawo pake satang bambuu..
huaa.. jadi aku bantuin deh.
dapet banyaak :D

 metik sawoo pake "juluk'an" haha

dapet seember sawonyaa :D yay!

abis itu kita mau ke sawah, ke kebon, n juga ke sungai mata air buat mandi. hoho
kita jalan rame2.
dan ternyata lagi2 jalan menanjak. auuh..
kaki udah hampir putus rasanyaa.. tapi  masih sempet gaya dulu. haha

ngelewatin utan, kebon kopi, kebon coklat..


ladang sawaahh.. :D

akhirnya sampaii.. tuh sungai mata airnya..

sungainya kecil sih, tapi dereessss...

bening dan jernihh.. dan juga tetep dinginn! :D

eh tau2 si yuk fitri n vera udah nyemplung aja ke dalem kubangan sawah, metik sayur2an,, daun genjer, kangking, dan selada air..
aku ga mau ahh.. takutt keinjek yang geli2.. hahaha..
jadinya aku main di air aja.

tapi ternyata, pas aku jalan di pinggir sawahnya, kakiku terperosok ke dalem tanah yang lembutt..
jadinya kotor banget kek gini..

yaudah, kepalang tanggung, ikutan nyemplung juga dehh.. hahaha..
biarin ajalaaah,, buang semua rasa takuutt dengan bismillaahh.. :))
kapan lagi bisa masuk ke dalem sawah dan metik sayur secara langsung kek gini cobaaaaa..  :D
ternyata seruuu.... ^o^

metik selada air sambil mungutin liling, binatang sejenis keong2 yanng bentuknya panjang.

tuh, liling nya udah dapet semangkok. kata yuk diah liling itu enak, kayak kerang.aku belum pernah tuh makannya. dan kayaknya ga mau ahh.. hehe (perasaan lbh mirip siput deh. hiiyy)


akhirnya kita udahan.. kaki kotor semuaaa.. :D

ini duan genjer. hahay. baru kali ini ngeliatnyaa... kaya keladi tuh.

ini si liling yang kita pungutin tadii..

udah deh. abis itu kita mandi di sungaiii.. hoho
selesai itu, kita mau ke kebon jagung. tapi karena siangnya udah mau pulang, jadi ga jadi dehh.. lagian juga udah kecapean.. ga ada tenaga lagi buat k kebon. :p

siangnya kita bersiap pulang..
abis makan siang, kita nungguin bis d depan rumah. tapi ternyata bis lantra yang dari bengkulu tujuan lahat nya udah lewat..
jadi kita nungguin angkot aja, naik sampe Pagaralam simpang Manna.

 siap2 meninggalkan rumah yuk Diah..

walau cuma tiga hari dua malem di sini, rasanya udah deket.. huhu


yuk Diah yang malu2 dipotoo..

ini Ibuuu yang hebat dan baiikkk..
waktu pulang aku dipeluk loh sama ibuu.. hiks. :(

oiya, sayang ga ada kak Aan, ga sempet pamit dan bilang makasih secara langsung.. hoho


lagi nungguin angkot bersama barang bawaan dan si Ice'. hehe


Selamat tinggal semuanyaa.. i'm gonna miss u all..
2 hari yang hebat dan penuh pengalaman.
tak akan kulupakan!

kalau ada sumur di ladang, bolehlah kita menumpang mandi..
kalau ada umur panjang, boleh lah kita datang lagii..
hhehehehe..
boleh ya bu, boleh ya yuuk.. *maksa* :D

selesai deh ceritanyaaaaaaaa....
see u again! :D
---------------------------------------------------------------------------------

-back home-
------------------------------------------------------------------------------------

2 comments:

Rain_asuhara mengatakan...

wuih panjang bener tu perjalanan .. jadi pengen ikut!!!!

eh tu foto pas ngambil sawo pake "juluk'an" kakinya ngangkang bener hahahahaha ..

keren-keren fotonya !!

- MeLati - mengatakan...

iya, padahal pengen ngajakin situ jugaa,, tapi ga bisa kaan. situ sibuk sih. hihi.. :p

ngambil sawo pake juluk'an?? ooh, yang pas dapet sawo seember itu yaa.. hehehe.
iya yaa,, keliatan bawak'an cowoknya. hoho. jade maloo. :"p

iya donk keren. siapa dulu donk. akuuu :D