Rabu, 22 Juni 2011

Cerita semasa SD

Cerita ini pernah aku tulis di notes Facebook,, karena merupakan sesuatu yang penting dalam perjalanan hidupku, jadinya aku re-write alias di copy ke sini dehh,, hihi. :)



Cerita semasa SD.. :D

by Yasmin Nazifah on Wednesday, September 9, 2009 at 10:25am





hmm.. tiba2 aja keinget masa2 SD yang lucuuuuuuu dan berkesan aja mpe sekarang..

#kLs 1 SD di SDN 75, Tangga Buntung (whoaa.. kampung halaman.. :D).
Waktu itu aku duduk sebangku dengan seorang cewek,yang tubuhnya emang lebih gede dari akuw.
Kita deket banget, dari awal masuk skul slalu sama2.. pergi n pulang bareng.
hingga akhirnya, pada suatu hari...



Saat itu lagi ulangan matematika. aku lancar-lancar aja tuh ngerjainnya.
Dan dia agak gelisah. Berulang kali dy minta contekan sama akuw.
Berhubung kami duduk depan skali bo' yah,, berhadepan ama meja guru begitcuu..
mana brani aye nyotekin die.. Jadi aye cuek2 aja, ga nyontekin die.
Eh, die malah sewotttt... dia biLang: "Awas kau e dak nyonteki aku.. ku cadang balek gek!"
beuuhh.. anak keciL jaman itu cing!! gw sih nyante ajaa.
gw diem aja ngerjain soal2 ulangan yang gampang amat itu..
(soal2nya cuma penjumlahan n pengurangan! bisa pake 20 jari elo kalii!!)
mpe akhirnya gw ngumpul kertas ulangan ntu ama bu guRu tercinta.
(sumpah, Lupa banget sama ntu bu Guru.. -_-).

kabar temen gw td?? dy terus aj ngedumelll.. "awas kau e.. awasla kau.. grumble.. grumble.."
PAS PULANG.... dia lari duluan keluar kelas. ga ngajak bareng seperti biasanya.
aku pun menyusuri jalan alias gang kecil yang menuntunku menuju rumah sendirian.
tiba2 saja..
"Hey! kau berani nian e dak nyonteki aku tadi!!!" *Whooppss.. ternyata temenku tadi!
dia beneran nunggu dan 'ngadang' aku d jalan pulang,,
dan satu lagi...
dia ngajak temen2nya (bc:dekeng). (-_-") ayhayhayhayhayhayhayyy...

aku lupa kejadian selanjutnya. tapi kalo ga salah ada guru yang menyelamatkan aku dari peristiwa itu.
hahahaha... ksian amat ye gw.. udah bertubuh kecil, mw dikeroyok pulaa..
yahh,, begitulah anak2 d kampung halamanku itu. :P
tapi setelah itu kami baikan lagi.

aku cuma setahun itu aja ngerasain skolah d SDN 75.
naik kelas 2, papa dpindah tugasin k SUMENEP. ya,, kota kecil di ujung pulau Madura.
pas waktu aku mw berangkat, temen ku itu dateng k rumah. dia ngasih aku beberapa keping COKLAT AYAM buat cemilan aku d pesawat.
gyahahahaha... *pengen makan coklat ayam lagiii.. >_<
yah, walopun sempet ada kenangan mengerikan seperti itu tadi, dy satu2nya temen baikku SD di SDN 75 yang masih ku inget mpe sekarang. :)


#kLs 2 mpe kLs 4 SD di SDN Pangarangan 7, SUMENEP.
hmm.. disini ingetan ku ga terlalu berbekas dengan kejadian yang aneh ataupun lucu sihh..
(atau mungkin krn trlalu byk, jd ga ketampung lagi? :P)
secara keseluruhan, SD ini sangat sederhana. Gedungnya hanya berbentuk huruf L. hanya ada 6 kelas saja, dari kls 1-kls 6 masing2 satu kelas. dan 1 ruang kepala sekolah yang tergabung dg ruang guru.
bahkan d kelas 2 ini, karena kurang bangku, aku dan teman2 pernah duduk sebangku bertiga... hiks hiks..
tapi tetap saja, walopun dengan keadaan gedung sekolah yang sederhana, anak2 maupun gurunya punya semangat yang tinggi.. :)

oh iya,, ada cerita hebat. tapi di rumah sih. hari pertama skul. jarak dr rumah ke SD ku ini cuma 3 atau 4 rumah.. DEKET BANGET.
jadi aku ga d anter aplg d jmput.
dan, pas pulang skul hari pertama itu, aku nyampe d depan rumah baru ku -yang aku yakin banget itu rumah ku, bukan rumah tetangga, ga salah-.
tau2, pas mau geser pager gede yang butuh tenaga 3000 kilo joule dan waktu selama 3 jam bagiku itu, pagernya ga geser2!!
ternyata eh ternyata, pagernya digembok!! padahal yang aku tau, seharusnya ada mama d rumah. Cz mama blm msuk kerja. sedangkan sodara2 ku pastinya masih skul.
aku teriak2 manggil mama dr luar pager. ga ada jawaban. (apa mama diculik??)
mulai panik. skali lagi mikir, ini bener rumahku kan? ketika jawaban dr lubuk hatiku yang paling dalam mengatakan iya, maka, aku pun melakukan tindakan kriminal.
pager setinggi 2 meter lebih itu ku panjat!!! (hahahaha... seharusnya ada camera cctv yang merekam kejadian itu untuk diabadikan. :D)
nyampe di atas pager, aku nglempar tas ransel ku ke dalem rumah. trus baru nglangkahin ujung2 pager yang berbentuk tombak itu. whooopsss.. aku melakukannya dengan sangat mudah!
(ternyata dr kecil udah expert dalam hal panjat memanjat.. -_-)
akhirnya nyampe lah aku di sisi dalem pager. pelan2 turun, trus lompat. ngambil tas, trus langsung lari menghambur ke pintu gerasi yang ternyata ga di kunci.
-masih dengan teriak2 manggil mama- ternyata mama ada di belakang, lagi nyuci, bo'! keran air yang deres ternyata ngebuat mama ga denger teriakan2 histeris aku di luar sana tadi.
dengan muka pucat pasi mengira mama ku diculik, aku ceritain kejadian tadi sm mama. aku bilang kalo pagernya d gembok, dan aku teriak2 manggil mama, tp ga djwb2, jd aku manjat...
"HAH?? MANJAT??" expresi mama tiba2 berubah membayangkan aku manjat pager setinggi itu..
ternyata setelah d liat lagi, gemboknya gak di kunci, cuma dikaitin aja, sepintas t'lihat dkunci, tapi ga dkunci.
ternyata supir papa yang ngaitin gembok itu, katanya buat pengaman aja, cz mama sendirian d rumah. hahahahahaaa.. semua bilang aku hebat. *ngaku-ngaku bo':D
dan akhirnya mama cuma bisa bilang: "jangan lg y.." dan aku cuma bisa membalas dengan senyum lebar... -artinya: bakal diulangi lagi- :D

di Sumenep, aku bertransformasi jd anak nakal.
pulang skul langsung maen sepeda. sepeda punya kk cow ku, sepeda gunung. yang pedalnya tinggi, jd ngayuhnya pake 1 kaki ganti2an..
padahal ada juga sepeda mini punya kk cew ku, yang ada keranjang d depannya. tp aku lebih suka maen sepeda gunung itu. lebih asik. :D
aku dan teman2 ku main ke jalanan sepi yang ada turunannya, buat belajar ngelepasin dua tangan. hahahahahaaa..
berhari2 belajarr.. mpe akhirnya kami berhasil maen sepeda dengan ngelepas 2 tangan.
dan di suatu sore yang damai, aku dan teman2ku main sepeda di sebuah jalan, sambil minum es, dan tanpa memegang gagang sepeda.
kami menikmati bersepeda sore-sore sambil minum es sambil bercanda ria, dan (sekali lagi) tanpa memegang gagang sepeda.. :P
tiba2 ada mobil dari belakang mengklakson kami, nyuruh kami minggir krn kmi nghalangi jalan. dan tiba2 juga, dari jendela mobil itu ada lelaki yang meneriakkan namaku.. "MIMIIIIIINNNN....!!!!!!"
ketika aku menolehh.. o'oww.. PAPAAA!! dan supirnya yang baru pulang kantorr..
huaaa... ngacirlah aku..
nyampe d rumah aku kena marah. pastinya. :P
tapi tetep,, ga kapok.. :D
aku rasa, mereka bangga punya anak sebagai generasi muda yang patut dcontoh kenakalannya ini.. hahahah

hmm.. segitu aja deh cerita d sumenep.

lanjut,


#kLs 5 dan kLs 6 SD di SD Muhammadiyah 6, Palembang.
hmm. skali lagi papa&mama mempertimbangkan jarak sekolah dari rumah untuk memutuskan skolah yg baik buatku. rumah ku waktu itu d komp RRI, d jLn radio. dkt Polda. dan SD yang deket situ adl SD Muh 6 Balayudha ini.
aku baru masuk d SD ini pertengahan bulan Agustus, it means, aku ketinggalan pelajaran kurang lebih sebulan.
baru masuk, aku d anter orang kantor papa. (Lupa, siapa yah?? kl ga salah Om Idaman yah?..)
trus aku di masukin k kls unggulan, katanya.. kls 5A. (jadi deg2an. :p)
nyampe d kelas, aku duduk d sudut belakang sekali, sebangku dg seorang cew manis, namanya QURRATA A'YUN. :)
kami mulai berkenalan. ciehh..
sama temen2 yang duduknya d depan bangku ku jg.. (tapi siapa y mereka itu, aku lupaaa..)

tiba2, teman2 baru ku itu mengatakan bahwasanya, hari ini ada pelajaran Bahasa Inggris, dimana ada peer yang HARUS DIKERJAKAN DIRUMAH, dan HARUS DITANDATANGANIi oleh orang tua.
gLekh. tiba2 aku merinding mendengar peraturan itu.
dan sebenarnya hal yang lebih membuatku merinding adalah nama pelajaran itu: BAHASA INGGRIS!!! whatt?? selama ini yang aku tau bhs inggris itu cuma "yes-no" sahajaaa...

mana ada pelajaran bahasa inggris d SD ku d Sumenep duluu...
o'ow. di tambah lagi, tmn2 baru ku itu bilang, kalo guru yang ngajar bahasa inggris itu KILLER BANGEETTTTT...!!!
ouuhhh tidaaaaakkkkk.... (tapi tunggu dulu, killer itu apa???)
tmn2 ku yang baik hati menyarankan aku untuk membuat saja peernya sekarang, dan kemudian memalsukan tandatangan orangtuaku.. (helehele.. canggih!)
NAMUN.. TAKDIR BERKATA LAIN..

guru bahasa inggris tiba2 saja sdh masuk k dlm kls. semua anak dg cepat mengumpulkan peer mereka. aku terdiam 1000 kata.
ketika suaranya yang menggelegar mempertanyakan "siapa yang tidak buat peer?!"
aku hanya bisa menunjuk. seisi kelas diam. aku pun disuruh ke depan kelas. tiba2 sang guru menuliskan sesuatu d papan tulis: "saya pergi ke sekolah"
lalu ia memberikan kapurnya padaku, dan berkata: "ubah kalimat itu k dalam bahasa inggris dalam bentuk positif."
hah????
beberapa detik aku berusaha mencerna maksud dari perkataan beliau. namun akhirnya aku hanya bisa berkata: "ga ngerti pak.."
lalu dia pun membalas: "hah, dak bisoo?? ke bentuk negatiff??"
skali lagi aku berusaha mencerna maksudnya, yang berujung dengan gelengan kepala.
lalu dia membalas lagi "dak biso jugoooo??? bentuk introgatifffff????
tanpa berfikir lagi aku hanya menggeleng. aku pasrah.
lalu dengan marah, guru itu menyuruhku berdiri di depan kelas, deket pintu, deket sapu.
dan dia jg nyuruh aku untuk mengangkat satu kaki, dan dengan kedua tangan menjewer kuping.
heyy,,, it's really happen 2 me!!!!!!

seisi kelas tetap bungkam.
terlalu. seumur hidupku di SD, baru kali ini aku diperlakukan seperti ini..
air mata ku tumpah begitu sajaa..
antara malu, kesal, takut dan tak mengerti apa-apaa..
si guru masih belum menyadari tangisan ku.

setelah dia menyadari aku nangis, baru dia bertanya.
"ngapo dak biso ngerjokenyo? padahal itu td mudah nian kan?"

(MUDAH dari HONGKONg. iy, bagi yang la belajar. yg blm nyenggol bhs inggris samo skali cak aku nih???)

aku cuma bs nangis. tiba2 ada salah satu temanku yang menjawab, "Pak, dy itu murid pindahan"
(uuuooooyyy... ngapo dak dari tadiiiii kamu2 tu ngomongke kalo aku ni murid pindahan??!!! ayayayayayayayyyy)

lalu si bapak guru itu baru sadar.. "oo, murid pindahan? belom pernah belajar bhs inggris??"
aku jawab: "iya pak.."
d blsnya: "y sdh, duduklah"

dengan gontai akupun kembali duduk d bagku ku.

fiuhh. yah, begitulah pertemuan pertama dengan guru Bahasa Inggrisku yg namanya Mr. Ghozali. :)
mungkin, karena kejadian itu aku jadi terpacu untuk belajar bahasa inggris. ciaaaaaaahhh..
setelah aku ngerti n jd seneng blajar Bahasa Inggris, beliau jd guru faforitkuw. aaaahahahahaha..
dan beliau ternyata ga se killer yang ku kira sblmnya.:)
*beliau jd baik tuw sama akuuuwww... hihihihiiiihihihihi*

oh iya, bahkan, pas kelulusan kelas 6, di acara perpisahannya kan ada pementasan drama dlm Bahasa Inggris.
aku dipilih oleh Mr. Ghozali jadi PEMERAN UTAMA nya loooohhh... hahahahahaaa..

ceritanya, aku sebagai murid baru pindahan dari sebuah daerah yang bernama Babattoman. (hmm? dimana itu?? sumpah, ga pernah dgr nama ntu daerah sebelumnya)
ternyata daerah itu ada di Sekayuuu.. oohh,, begitchuu.. ;D
dan aku memerankannya dengan style rambut DIKEPANG DUA!! hohohoohoooo.. gadis desa banget.
(eits, tapi ga ada bagian cerita yang aku di suruh berdiri ngangkat kaki satu sambil jewer kedua kuping looooohh..)
dan akhirnya acara pementasan drama itu sukses.
(ya iyalahh,, latiannya aja berhari2..)
mungkin karena aku jg ada bakat jd actress.. hyahahahahahaaa.. :D

yaaahh... segitu aja dulu deh cerita di masa SD.. nanti akan dilanjutkan dengan cerita di masa SMP dan SMA.
hohohoohohohohoooo.... ^o^

0 comments: